Bandeng Presto Juwana

Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah, tepatnya dari Desa Dukutalit. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam.

Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak.

bandeng presto ini merupakan salah satu produk unggulan Desa Dukutalit disamping sekarang sudah berkembang makanan olahan lainya yang terbuat dari bahan dasar Bandeng Juwana diantaranya Otak – otak bandeng, Bandeng Crispy, Nuget Bandeng dll.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*